LDK FSIRI UNM adakan Tarbiyah Gabungan se-UNM “Mengapa Harus Berjuang?”

Kamis pagi(9/5/2013), pengurus dan kader dakwah se-UNM berkumpul di Masjid Nurul Ilmi untuk menghadiri Tarbiyah Gabungan.  Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama dua Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) yakni Study Club Al-Huda FE UNM dan Study ClubAl-Furqan FIS UNM di bawah koordinasi Lembaga Dakwah Kampus Forum Studi Islam Raudhatul Ilmi (LDK FSIRI) UNM. Tarbiyah gabungan (targab )ini merupakan tarbiyah gabungan pertama setelah pelaksanaan Muktamar seluruh Lembaga Dakwah Fakultas yang ada di UNM. Tarbiyah gabungan ini juga merupakan kegiatan yang diagendakan rutin 1 kali setiap 4 bulan.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Bapak Rahmatullah S.Pd.,M.Ed. -pembina LDK FSIRI UNM yang juga merupakan Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi Koperasi FE UNM – ini mengangkat tema “Mengapa Harus Berjuang?”.

Bapak Rahmatullah dalam sambutan sekaligus membuka tarbiyah gabungan ini menekankan kepada para kader tarbiyah akan peran mahasiswa sebagai generasi muda islam yang harus mengemban risalah dakwah sebagaimana yang telah dicontohkan oleh generasi islam terdahulu di zaman Rasulullah, para sahabatnya, tabi’ut tabi’in dan ulama-ulama setelah mereka.

Setelah acara ini dibuka, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi targab “Mengapa harus berjuang?”.  Pemateri dalam tarbiyah gabungan ini yakni fadhilatus Ustadz Marli Abdul Hamid, S.Pd.I hafidzohullah.  Beliau merupakan Pimpinan Pondok Pesantren  Tahfidzul Qur’an Bontobaddo Gowa.  Hal lain yang istimewa dari beliau adalah keberhasilannya menghafalkan Al-Qur’an hanya dalam waktu empat bulan saja.

Sekitar 150 orang laki-laki (ikhwan) dan 100 orang perempuan (akhawat) hadir dalam targab ini.   Jumlah yang hadir ini hanya sebagian kecil dari kader tarbiyah se-UNM.  Ketidakhadiran sebagian besar mereka disebabkan banyaknya kegiatan lain juga sangat penting oleh para kader tarbiyah.  Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh para peserta dalam mendengarkan materi yang disampaikan.  Semangat para peserta untuk menegakkan dakwah (amar makruf nahi mungkar) kembali bangkit saat mendengarkan materi yang disampaikan ustadz selama kurang lebih satu setengah jam ini.

Ustadz menuturkan di awal pembukaan nasihat beliau, “Kita lahir dari sebuah perjuangan, sehingga hidup ini adalah perjuangan.”  Beliau juga menekankan bahwa setiap muslim seharusnya selalu melakukan pergerakan dalam pergerakan ada keberkahan.  Beliau juga menekankan pentingnya bersungguh-sungguh (mujahadah).  Bentuk kesungguhan (jihad) yang tepat untuk diterapkan di Indonesia adalah dengan berdakwah, memberikan nasihat dan penjelasan kepada kaum muslimin dengan cara yang terbaik dan hikmah.

Seusai disampaikannya materi, departemen Kaderisasi LDK FSIRI menyampaikan program kerja yang akan dilaksanakan berikutnya yang juga melibatkan kader tarbiyah Universitas  Negeri Makassar.  Diantaranya Training Kepribadian Muslim Gabungan, FSI RI CUP III, daurah tarqiyah (upgrading), daurah muslih, dan pelatihan dakwah fardhiyah serta INSTITUT MUROBBI KAMPUS (IMPUS).

Setelah departemen kaderisasi sebagai penyelenggara kegiatan menyampaikan program kerjanya,  pengarahan berikutnya diambil alih oleh ketua umum FSIRI UNM.  Beliau  menyampaikan kegiatan yang akan segera dilaksanakan oleh FSIRI yang besifat regional Indonesia Timur.  Kegiatan yang dimaksud yaitu Penataran Seputar Ramadhan 1434 -sebelumnya telah terselenggara sebanyak 4 kali- dan Islamic Camp V yang dalam pelaksanaannya melibatkan pengurus-pengurus Lembaga Dakwah Kampus dalam Pusat Jaringan Wilayah (Pusjarwil) II Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (LIDMI) yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku dan Papua.   Saat ini FSIRI merupakan Koordinator Pusjarwil II LIDMI sebagaimana hasil keputusan Temu Nasional (Tunas) II LIDMI yang dilaksanakan di Makassar pada tahun 2011 lalu.

Info lebih lengkap tentang geliat dakwah di UNM dapat disimak di  https://fsiriunm.wordpress.com atau melalui facebook LDK FSI RI UNM.

DSC00108

DSC00116

DSC00098

DSC00058

Categories: Dept. Kaderisasi, Ismlaic Camp | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: