CARA BERAGAMA YANG BENAR

CARA BERAGAMA YANG BENAR

Dalam beragama kita telah diajarkan untuk mengikuti Al Qur’an dan As Sunnah. Inilah yang jadi pegangan
setiap muslim.  Hal ini diterangkan dalam beberapa ayat berikut ini.
Allah Ta’ala berfirman,
 َنوُرَكَذَت اَم اًيِلَق َءاَيِلْوَأ ِهِنوُد ْنِم اوُعِبَتَ ت َََو ْمُكْبَر ْنِم ْمُكْيَلِإ َلِزْنُأ اَم اوُعِبَتا
“Ikutilah  apa  yang  diturunkan  kepadamu  dari  Rabbmu    dan  janganlah  kamu  mengikuti  pemimpin-pemimpin
selain-Nya. Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (daripadanya)” (QS. Al A’rof: 3).
اادوُدُص َكْنَع َنوُدُصَي َنِقِفاَنُمْلا َتْيَأَر ِلوُسَرلا ََِإَو ُهَللا َلَزْ نَأ اَم ََِإ اْوَلاَعَ ت ْمَُلَ َليِق اَذِإَو
“Apabila  dikatakan  kepada  mereka:  “Marilah  kamu  (tunduk)  kepada  hukum  yang  Allah  telah  turunkan  dan
kepada  hukum  Rasul”,  niscaya  kamu  lihat  orang-orang  munafik  menghalangi  (manusia)  dengan  sekuat-kuatnya  dari  (mendekati)  kamu.” (QS. An Nisa’: 61). Ayat ini menunjukkan bahwa siapa yang diajak
beramal dengan Al Qur’an dan As Sunnah, lantas ia menghalanginya, ini merupakan ciri-ciri munafik.
اَي اَهُ يَأ  َنيِذَلا اوُنَمَآ اوُعيِطَأ  َهَللا اوُعيِطَأَو  َلوُسَرلا  ِووُأَو  ِرْمَْاا  ْمُكْنِم  ْنِ َف  ْمُتْعَزاَنَ ت  ِٓ  ٍءْ َ   ُووُدُرَ ف  ََِإ  ِهَللا  ِلوُسَرلاَو  ْنِإ  ْمُتْنُك
 َنوُنِمْ ُ ت  ِهَللاِب  ِمْوَ يْلاَو  ِرِ َْاا
“Hai  orang-orang  yang  beriman,  taatilah  Allah  dan  taatilah  Rasul  (Nya),  dan  ulil  amri  di  antara  kamu.
Kemudian  jika  kamu  berlainan  pendapat  tentang  sesuatu,  maka  kembalikanlah  ia  kepada  Allah  (Al  Quran)
dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian” (QS. An Nisa’: 59).
Dalam ayat ini dikaitkan dengan iman. Ini menunjukkan bahwa ketika terjadi perselisihan pendapat, maka
kembalikanlah kepada Al Qur’an dan As Sunnah. Sehingga jika ada yang beralih ke selain Al Qur’an dan As
Sunnah, maka ia tidak beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dengan benar.
 َنوُرُعْ َت ََ ْمُتْ نَأَو ا َتْ َ ب ُااَذَعْلا ُمُكَيِتْ َي ْنَأ ِلْبَ ق ْنِم ْمُكْبَر ْنِم ْمُكْيَلِإ َلِزْنُأ اَم َنَ ْ َأ اوُعِبَتاَو
“Dan ikutilah sebaik-baik apa yang telah diturunkan kepadamu dari Rabbmu sebelum datang azab kepadamu
dengan  tiba-tiba,  sedang  kamu  tidak  menyadarinya”  (QS.  Az  Zumar:  55).  Sebaik-baik  yang  diturunkan
kepada kita adalah Al Qur’an dan As Sunnah adalah penjelas dari Al Qur’an. 
 ِااَبْلَْاا وُلوُأ ْمُ  َكِ َلوُأَو ُهَللا ُمُ اَدَ  َنيِذَلا َكِ َلوُأ ُهَنَ ْ َأ َنوُعِبَتَيَ ف َلْوَقْلا َنوُعِمَتْ َي َنيِذَلا
“Yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik di antaranya. Mereka itulah orang-orang
yang telah diberi Allah petunjuk dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal” (QS. Az Zumar: 18).
Kita sepakati bersama bahwa Al Qur’an dan As Sunnah adalah sebaik-baik perkataan dibanding perkataan
si fulan.
 ِااَقِعْلا ُديِدَ  َهَللا َنِإ َهَللا اوُقَ تاَو اوُهَ تْ ناَف ُهْنَع ْمُكاَهَ ن اَمَو ُووُذُ َف ُلوُسَرلا ُمُكاَتَآ اَمَو
“Apa  yang  diberikan  Rasul  kepadamu,  maka  terimalah.  Dan  apa  yang  dilarangnya  bagimu,  maka
tinggalkanlah.  Dan  bertakwalah  kepada  Allah.  Sesungguhnya  Allah  amat  keras  hukumannya.” (QS. Al
Hasyr: 7).
Dalam hadits Al ‘Irbadh bin Sariyah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menasehati para
sahabat radhiyallahu ‘anhum,
 ِذِجاَوَ نلاِب اَهْ يَلَع اوُضَع َنْيِدْهَمْلا َنيِدِ اَرلا ِءاَفَلُْْا ِ َنُسَو ِتَِنُ ِب ْمُكْيَلَعَ ف
“Berpegang teguhlah dengan sunnahku dan sunnah khulafa’ur rosyidin yang mendapatkan petunjuk (dalam
ilmu dan amal). Pegang teguhlah sunnah tersebut dengan gigi geraham kalian.”1
Salah seorang khulafa’ur rosyidin dan manusia terbaik setelah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,  Abu
Bakar Ash Shiddiq radhiyallahu ‘anhu berkata,
 َغْيِزَأ ْنَأ ِوِرْمَأ ْنِم اا ْيَ  ُتْكَرَ ت ْنِإ ىَ ْ َأ ِِْإ ِهِب ُتْلِمَع ََِإ ِهِب ُلَمْعَ ي َمَلَس َو ِهْيَلَع ُللها ىَلَص ِللها ُلْوُسَر َناَك اا ْيَ  ااكِراَت ُتْ َل
“Aku  tidaklah  biarkan  satupun  yang  Rasulullah  shallallahu  ‘alaihi  wa  sallam  amalkan  kecuali  aku
mengamalkannya karena aku takut jika meninggalkannya sedikit saja, aku akan menyimpang.”2
Kita  pun  mendapat  nasehat  dan  petunjuk  dari  empat  imam  madzhab  yang  terkemuka  yang
memerintahkan kita  untuk  tidak  taklid  buta. Kita  malah  diperintahkan untuk  mengikuti  ajaran  Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan jika ada di antara perkataan para imam yang menyelisihi dalil Al Qur’an
dan As Sunnah, maka tinggalkanlah.
Imam Abu Hanifah dan muridnya Abu Yusuf berkata,
 ُواَنْلُ ق َنْيَأ ْنِم َمَلْعَ ي َتَِ  اَنِلْوَقِب َلْوُقَ ي ْنَأ ٍدَ َِا ُلَِ  ََ
“Tidak boleh bagi seorang pun mengambil perkataan kami sampai ia mengetahui dari mana kami mengambil
perkataan tersebut.”3
Imam Malik berkata,
 ُوْوُكُرْ تاَف ّ َنُ لاَو َااَتِكلاا ْقِفاَوُ ي ََْ اَمَو ِهِب اْوُذُ َف َ َنُ لاَو َااَتِكلا َقَفاَو اَم ُلُكَف  ِوْوَ ق  ِٓ اوُرُظْناَف ُبْيِصُأَو ُءىِطْ ُأ ٌرَ َب اَنَأ اََنَِّ
“Sesungguhnya  aku  hanyalah  manusia  yang  bisa  keliru  dan  benar.  Lihatlah  setiap  perkataanku,  jika  itu
mencocoki Al Qur’an dan As  Sunnah, ambillah. Sedangkan jika tidak mencocoki Al Qur’an dan As  Sunnah,
maka tinggalkanlah.”4
Imam Abu Hanifah dan Imam Asy Syafi’i berkata,
ِبَِ ْذَم َوُهَ ف ُثْيِدَحا َحَص اَذِإ
“Jika hadits itu shahih, itulah pendapatku.”5
Imam Asy Syafi’i berkata,
ِوْوَ ق َ ِهَف ِقيِرَطلا ىَلَع ا َعوُضْوَم َ َجُْحا تْيَأَر اَذِإَو َطِئاَْحا  ِوْوَقِب اوُبِرْضاَف ُثيِدَْحا َحَص اَذإ
“Jika  terdapat  hadits  yang  shahih,  maka  lemparlah  pendapatku  ke  dinding.  Jika  engkau  melihat  hujjah
diletakkan di atas jalan, maka itulah pendapatku.”6
Imam Ahmad berkata,
ٍ َكَلَ  اَفَ  ىَلَع َوُهَ ف َمَلَسَو ِهْيَلَع ُللها ىَلَص ِللها ِلْوُسَر َثْيِدَ  َدَر ْنَم
“Barangsiapa yang menolak hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka ia berarti telah  berada
dalam jurang kebinasaan.”7
Imam Ahmad juga berkata,
اَنْمَلَعَ ت اَمَك اوُمَلَعَ تَو َيِرْوَ ثلا َََو َ ِعِفاَ لا َََو ااكِلاَم اوُدْلَقُ ت َََو  ِِوُدْلَقُ ت ََ
“Janganlah  hanya  sekedor  taklid  padaku  dan  jangan  pula  hanya  sekedar  taklid  pada Malik, Syafi’i, dan Ats
Tsauriy. Belajarlah sebagaimana kami belajar.”8Imam Syafi’i memiliki beberapa nasehat yang serupa mengenai hal ini.
Ar Rabie’ (murid Imam Syafi’i) bercerita, Ada seseorang yang bertanya kepada Imam Syafi’i tentang
sebuah  hadits, kemudian (setelah dijawab) orang itu bertanya, “Lalu bagaimana pendapatmu?”, maka
gemetar dan beranglah Imam Syafi’i. Beliau berkata kepadanya,
ِوِْ َ ِب ُتْلُ قَو  ِللها ِلْوُسَر ْنَع ُتْيَوَر اَذِإ ِ ُلِقُت ٍ ْرَأ ُيَأَو ِ ُلِظُت ٍءاََ  ُيَ
“Langit mana yang akan menaungiku, dan bumi mana yang akan kupijak kalau sampai kuriwayatkan hadits
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian aku berpendapat lain…!?”9
Imam Syafi’i juga berkata,
ُتْلُ ق اَم اوُعَدَو  ِللها ِلوُسَر ِ َنُ ِب اوُلوُقَ ف  ِللها ِلوُسَر ِ َنُس َفًَِ   ِِاَتِك  ِٓ ُُْْدَجَو اَذِإ- ياور ٓو – ََِإ اوُتِفَتْلَ ت َََو اَ وُعِبَتاَف
ٍدَ َأ ِلْوَ ق
“Jika  kalian  mendapati  dalam  kitabku  sesuatu  yang  bertentangan  dengan  sunnah  Rasulullah  shallallahu
‘alaihi wa sallam, maka sampaikanlah sunnah tadi dan tinggalkanlah pendapatku –dan  dalam  riwayat  lain
Imam Syafi’i mengatakan– maka ikutilah sunnah tadi dan jangan pedulikan ucapan orang.”10
ْ ِم ُووُعَمْ َت ََْ ْنِإَو  ِوْوَ ق َوُهَ ف  ِْبَِنلا ِنَع ٍثيِدَ  ُلُك
“Setiap hadits yang diucapkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka itulah pendapatku meski kalian
tak mendengarnya dariku.”11
ِللها ِلوُسَر ْنَع ُرَ بَْْا اَهْ يِف َحَص ٍ َلَ ْ َم ُلُك   ِِْوَم َدْعَ بَو  ِِاَيَ   ِٓ اَهْ نَع ٌعِجاَر َانَ َف ُتْلُ ق  اَم ِفًَِِِ ِلْقَ نلا ِلْ َأ َدْنِع
“Setiap  masalah  yang  di  sana  ada  hadits  shahihnya  menurut  para  ahli  hadits,  lalu  hadits  tersebut
bertentangan dengan pendapatku, maka aku menyatakan rujuk (meralat) dari pendapatku tadi baik semasa
hidupku maupun sesudah matiku.”12
َطِئاَْحا  ِوْوَقِب اوُبِرْضاَف ُثْيِدَْحا َحَص اَذِإَو  ِبَِ ْذَم َوُهَ ف ُثيِدَْحا َحَص اَذِإ
“Kalau  ada  hadits  shahih,  maka  itulah  mazhabku,  dan  kalau  ada  hadits  shahih  maka  campakkanlah
pendapatku ke (balik) tembok.”13
ِللها ِلوُسَر ْنَع ٌ َنُس ُهَل َناَبَتْسا ِنَم َنَأ َىلَع َنوُمِلْ ُمْلا َعَْ َأ  ٍدَ َأ ِلْوَقِل اَهَعَدَي ْنَأ ُهَل َلَِ  ََْ
“Kaum  muslimin  sepakat  bahwa  siapa  saja  yang  telah  jelas  baginya  sebuah  sunnah  (ajaran)  Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka tak halal baginya untuk meninggalkan sunnah itu karena mengikuti
pendapat siapa pun.”14
Para  imam  dengan  jelas  mengajarkan  kita  mengikuti  dalil.  Jika  perkataan  mereka  menyelisihi  dalil,
peganglah dalil. Jadi kita tidak dibenarkan untuk ta’ashub pada perkataan imam tertentu dan tidak
diperbolehkan  hanya  sekedar  taklid  buta.  Namun  bagi  orang  awam  yang  tidak  bisa  menyimpulkan  dalil,
maka ia punya kewajiban untuk bertanya pada orang yang lebih berilmu atau taklid pada pendapat orang
alim yang lebih ia anggap mendekati kebenaran. Allah Ta’ala berfirman,
َنوُمَلْعَ ت ََ ْمُتْنُك ْنِإ ِرْكْذلا َلْ َأ اوُلَ ْساَف
“Tanyakanlah  olehmu  kepada  orang-orang  yang  berilmu,  jika  kamu  tiada  mengetahui” (QS. Al Anbiya’: 7).
Jadi tidak selamanya taklid itu tercela.15
 
DIKUTIP DARI
Ringkasan Panduan Ramadhan
BEKAL MERAIH RAMADHAN PENUH BERKAHPenulis
Muhammad Abduh Tuasikal

Categories: ARTIKEL, Dept. Dakwah | Tags: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: