TARBIYAH GABUNGAN

DAKWAH DAN TARBIYAH

Ibrah kisah Nabi Ibrahim

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Pagi itu, tembok-tembok gedung pebulu tangkis, rumput-rumput lapangan para pesepakbola, kerang-kerang air tempat wudhu, dan seluruh makhluk yang bertengger dan berdomisili di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar menjadi saksi akan sebuah event berkumpulnya para Penyampai Al Haq bersandingkan para Malaikat, Tarbiyah Gabungan II bertemakan “Dakwah dan Tarbiyah: Ibrah Kisah Hidup Nabi Ibrahim ‘alaihissalam ”. Masjid Nur Al Ikhlas menjadi penaung dari terik matahari untuk kegiatan ini.

Departemen Kaderisasi Forum Studi Islam Raudhatul Ilmi menjadi dalang kegiatan yang diawali dengan registrasi pada pukul 08.30 WITA ini, di “sikat” oleh Arriyadho FIK, SCRN FIP, dan SC Al Faatih FPsi dalam kerja-kerja tehnisnya, juga ditemani oleh Forum Muslimah Ulul Ilmi, bersama-sama menjalankan kegiatan ini.

Jam menunjukkan pukul 09.00 WITA, mic wireless yang imut diangkat oleh MC dan didekatkan ke bibir manisnya dan memanggil para da’i dan da’iyah yang beredar diluar masjid untuk segera terbang kedalam masjid. Adapun yang telah duduk manis didalam masjid, diarahkan untuk memperbaiki majelis sebagai wujud kecintaan kepada sunnah Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam. Walau yang jadi peserta adalah orang-orang yang tertarbiyah, tetap si MC sedikit kesulitan mengatur  mereka. “Shaf yang paling utama bagi pria adalah didepan. Jadi barangsiapa yang lebih memilih duduk dibelakang sedangkan didepan masih kosong, dipertanyakan status prianya”, itulah “rayuan” si MC agar peserta ikhwan mau lebih merapikan majelisnya. Adapun para da’iyah hafidzakumullahu jami’an yang berada di lantai II masjid, si MC hanya mampu berprsangka baik tentang keteraturan majelis mereka.

Kegiatanpun dimulai, si MC memulai acara pembukaan dengan ucapan yang mulia Bismillahirrahmanirrahim, medoakan keselamatan kepada peserta, memuji Allah azza wa jalla, dan bershalawat kepada Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam. Kemudian dipanggillah si Qori’ yang melantunkan bacaan Quran dengan gemulainya sehingga mampu menggetarkan hati dan menambah keimanan bagi seorang mukmin. Dilanjutkan oleh si KETUPAT (ketua panita) yang melaporkan beberapa hal yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan ini. Acara pembukaan berakhir dengan tampilnya si KADEP Kaderisasi yang memberikan sambutan, dan menggantikan ayahanda Ketua Dewan Pembina untuk membuka acara.

Jam dinding masjid menunjukkan pukul 10.20, Pemateri I memasukkan kaki kananya kedalam masjid dan diikuti oleh seluruh anggota tubuh yang lainnya kemudian menegakkan shalat Tahiyyiatul Masjid. Lagi-lagi, mic wireless dengan terpaksa harus didekatkan kebibir MC untuk memberikan pengarahan kepada peserta untuk bersiap menerima materi I. Materi I pun dimulai. Al Ust. Askar Fatahuddin, S.Si. hafidzahullah membawakan materi dengan gayanya yang khas menyuntikkan ilmu kepada para peserta. Tidak lama berselang, pada pukul 11.10 WITA pemateri II memarkir mobilnya di depan masjid. Al Ustadz Syamsuddin Kurru, S.Pd. bersama istri dan anaknya hafidzakumullahu jami’an, berjalan dengan hangatnya memasuki masjid. Materi II pun dimulai.

Ditutupnya materi II menandakan berakhirnya pula kegiatan ini yang berpesertakan 43 ikhwan dan 82 akhawaat. Lagi dal lagi, mic wireless yang malang kembali diangkat oleh MC, didekatkan dengan bibir si MC untuk menutup kegiatan. Kemudian dilanjutkan dengan shalat dhuhur secara berjama’ah.

Semoga kegiatan ini memberi maslahat untuk pengembangan dakwah dikampus orange. Khusunya menambah semangat para da’i dan dai’yah untuk berdakwah dan bertarbiyah jaadda, aamiin.

 

Laporan oleh Ketua Departemen Kaderisasi FSI RI UNM

Pada pagi yang cerah, Senin, 26.10.13. Pukul 08.13 WITA

@ Sekretariat Pengurus Masjid Babul Muttaqien Dg. Tata Raya.

Categories: ARTIKEL, Dept. Dakwah, Dept. Infokom, Dept. Kaderisasi, Kisah, LDK FSIRI UNM | Tags: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: