Di Makassar, Ribuan Orang Menghadiri Bedah Buku Nasional LIDMI “Panduan MUI, Mengenal dan Mewaspadai Penyimpangan Syiah di Indonesia”

ImageSebagai salah satu lembaga dakwah mahasiswa di Indonesia, Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (LIDMI) yang berpusat di Makassar mengadakan Bedah Buku Nasional “Panduan MUI, Mengenal dan Mewaspadai Penyimpangan Syiah di Indonesia” pada hari Sabtu, 21 Rabi’ul Akhir 1435H/ 22 Februari 2014.

Acara ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan mahasiswa terhadap para pengikut syiah yang terus mendakwahkan agama sesat mereka.  LDK-LDK yang tergabung dalam LIDMI bermusyawarah menentukan kegiatan yang tepat untuk menyadarkan masyarakat akan bahaya syiah ini.  Setelah mendengarkan berbagai pertimbangan yang ada, ditetapkanlah Bedah Buku Nasional “Panduan MUI, Mengenal dan Mewaspadai Penyimpangan Syiah di Indonesia” sebagai kegiatan yang akan diusung.

Bertempat di Masjid Kampus Unhas Makassar, acara bedah buku ini dihadiri ribuan orang.  Lebih dari 1200 peserta laki-laki memenuhi lantai 2 dan 800-an muslimah memenuhi lantai 1.  Sebagian peserta yang lain juga sampai naik ke lantai 3.

Tujuan kegiatan ini, selain untuk menyadarkan masyarakat akan bahaya syiah, juga untuk membantu MUI dalam mensosialisasikan buku Panduan MUI yang diterbitkan sejak September 2013 lalu.

Pembukaan kegiatan bedah buku nasional ini dimulai pada pukul 08.45 WITA.  Ust. Fahmi Salim, MA selaku perwakilan MUI Pusat memberikan sambutan dan membuka acara ini secara resmi.

Setelah acara pembukaan, bedah buku pun dimulai.  Tiga orang pemateri didaulat sebagai pembedah buku tersebut.

Pemateri pertama yang juga tergabung dalam Tim Penulis MUI, Ust. H. Fahmi Salim, MA, membawakan materi dalam Bab I dan Bab IV buku ini yakni “Sejarah Syi’ah” dan “Respon MUI tentang Faham Syiah”.

Pemateri kedua, Ust. DR. H. Yusri Muh. Arsyad, MA membawakan materi dalam bab II buku ini, “Penyimpangan Ajaran Syi’ah”

Pemateri terakhir, Ust. Rahmat Abd. Rahman, Lc.,MA membawakan materi dalam bab III buku ini, “Pergerakan Syiah di Indonesia dan Penyebarannya”.

Pemaparan materi dari ketiga pembedah buku mengundang antusiasme peserta dan semakin menyadarkan mereka akan bahaya dan kesesatan syiah.

Setelah pemaparan materi, tiga orang penanya dipersilakan menyampaikan pertanyaan untuk dijawab oleh ketiga pemateri.  Tidak semua pertanyaan, khususnya pertanyaan lewat tulisan bisa dijawab mengingat waktu yang sangat terbatas.

Setelah sesi tanya jawab, acara dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi Gerakan Makassar Sunni yang disampaikan oleh Ketua LPPI Makassar, KH. Said Abdul Shomad, Lc.

Berikut deklarasi Gerakan Makassar Sunni:

Deklarasi Peserta Bedah Buku Mengenal dan Mewaspadai Penyimpangan Syia’ah yang Dilaksanakan Pada Hari Sabtu 21 Rabi’ul Awal 1435 H/22 Februari 2014 M

 

Bismillahirrahmanirrahim

 

(Kalimat Syahadah)

Dengan nama Allah ‘azza wa jalla kami masyarakat muslim Makassar, yang hadir dalam forum ini menyatakan sebagai komunitas pecinta sunnah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, pecinta semua sahabat generasi pertama dari Muhajirin dan Anshor, siap mengikuti Manhaj Ahlu Sunnah  Wal Jama’ah dalam memenangkan Islam sebagaimana yang Allah perintahkan dan yang Rasulullah wasiatkan. Siap menghidupkan dan membela sunnah Nabi dalam kehidupan kami. Semoga Allah mengumpulkan kami dengan Nabi Muhammad shallaallaahu ‘alaihi wa sallam, keluarga beliau dan seluruh sahabat beliau dengan kecintaan kami kepada mereka. Dan dengan ini kami mendeklarasikan dan mencanangkan gema Sunni yaitu Gerakan Makassar Sunni, Gerakan ini kami akan perjuangkan dengan sungguh-sungguh sebagai Jihad Fi Sabilillah.

 

Demikian pernyataan dari kami.  Allaahu Akbar!

 

Makassar, 21 Rabi’ul Akhir 1435H/ 22 Februari 2014

Diketahui dan dihadiri: TOKOH NU, MUHAMMADIYAH, WAHDAH ISLAMIYAH, FPI, JAMA’AH TABLIGH, HIDAYATULLAH, DARUL ISTIQOMAH, SALAFI, LPPI MAKASSAR, LIDMI INDONESIA, FSI RI UNM, LPKSM UNISMUH MAKASSAR, AHSABUL KAHFI UMI, AL MISBAH UIT, UKM LDK MPM UNHAS, LDK MPM UIN, BEM STIBA MAKASSAR, KAMUPI POLTEK, KOMINFO STIMIK DIPANEGARA DAN LAIN-LAIN.

Setelah pembacaan deklarasi tersebut, KH.Said Abdul Shomad meminta kesiapan seluruh hadirin untuk turut membantu membentengi aqidah ummat khususnya dari syiah rafidhoh.  Pekikan takbir berkali-kali membahana di seantero masjid menunjukkan kesiapan para hadirin untuk turut serta berperan dalam membentengi akidah umat dari kesesatan syiah rafidhoh.

Selanjutnya, Koordinator LIDMI Wilayah SULTANBARATAMALPA, naik ke podium untuk menyampaikan beberapa pengumuman terkait kegiatan-kegiatan LIDMI.  Di antara kegiatan LIDMI yang akan dilaksanakan adalah Temu Nasional (TUNAS) III LIDMI dan Training of Trainer (ToT) LIDMI Pusjarwil II.  Beliau juga menyampaikan pentingnya untuk menyadarkan masyarakat khususnya mahasiswa dari bahaya syiah.  Beliau menyatakan bahwa kampus merupakan tempat tumbuh suburnya berbagai macam pemikiran-pemikiran menyimpang, termasuk syiah.  Oleh karena itu, kampus perlu mendapat perhatian khusus dalam upaya proteksi akidah umat.

Di akhir acara, dilakukan penyerahan cinderamata kepada moderator dan para pemateri yang dilanjutkan dengan pengambilan foto bersama panitia dan pemateri.

Selain mendengar materi dari para pembedah buku, para peserta juga diberikan buku MUI yang akan dibedah secara gratis.  Di samping itu, peserta juga mendapatkan sertifikat dan snack dari panitia.

Acara bedah buku nasional ini terlaksana atas kerja Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (LIDMI) dan Forum Muslimah Dakwah Kampus (FMDK) Indonesia serta LDK-LDK se-kota Makassar.

Kontributor: Risaluddin (LIDMI)

Tambahan:

 ImageImageImageImage

Tentang Pemateri:

1.      H. Fahmi Salim, Lc,MA

 Alamat:

JL.PENGUKIRAN III NO.19, KEL.PEKOJAN JAKARTA BARAT

Nomor Kontak:

081584306333

Buku yang telah ditulis dan diterbitkan:

Tafsir Sesat, Kritik terhadap Studi Al-Qur’an Kaum Liberal, Mengenal Aqidah Sesat Syiah di Indonesia, dll.

Pendidikan:

S1 dan S2 FAK. USHULUDDIN UNIV. ALAZHAR CAIRO MESIR

S3 Tentatif

ORGANISASI:

  1. WAKIL SEKERTARIS KOMISI PENGKAJIAN MUI PUSAT
  2. WAKIL SEKJEND MAJELIS INTELEKTUAL & ULAMA MUDA INDONESIA
  3. SEKERTARIS BID. WAKAF & HUKUM PP DEWAN MASJID INDONESIA
  4. KOMISI AL-QUR’AN & SUNNAH MAJELIS TARJIH & TAJDID PP MUHAMMADIYAH

PENGALAMAN:

1)      Narasumber Seminar Regional “Kritik Terhadap Studi Al-Qur’an Kaum Liberal” Fak. Ushuluddin IAIN WALISONGO 22 Juni 2010.

2)      Narasumber Workshop Konsep Wahyu dalam Islam dan Tantangan Hermeneutika, Masjid Salman ITB, 29 Agustus 2010.

3)      Narasumber Seminar Tafsir Al-Qur’an Tingkat Nasional di STAIN JEMBER dengan Makalah Liberalisasi Al-Qur’an dan Hermeneutika dan Dampaknya terhadap Konsep Tafsir dan Wahyu , 21 Oktober 2010.

4)      Narasumber dalam Seminar Internasional Institut PTIQ bekerjasama dengan Badan Diklat dan Litbang Kementerian Agama RI tema: Meretas Pemikiran Islam Post-Sektarian, 24 Maret 2011.

5)      Narasumber dalam Stadium General Kritik Terhadap Studi Al-Qur’an Kaum Liberal, di Fak. Ushuluddin dan Dakwah IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 19 April 2011.

6)      Narasumber dalam Seminar Nasional Menggali Nilai-nilai Darussalam dalam Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat, diselenggarakan oleh Pemkab. Musi Rawas Darussalam Sum-Sel, 27 April 2011.

7)      Pemateri Seminar Internasional Tentang Dakwah Di Dunia Modern– Kerjasama Universitas Negeri Jakarta & Universitas Kebangsaan Malaysia 8-10 Juli 2011

8)      Narasumber Dialog Antar Mazhab “Konstruksi Relasi Sunni-Syiah di Indonesia” oleh Lembaga Hikmah dan Kajian Publik (LHKP) PP Muhammadiyah, 18 September 2012.

9)      Narasumber Seminar Nasional “Bagaimana Bersikap Terhadap Syi’ah?” oleh Jamaah Muslim FISIPOL Universitas Gajah Mada Yogyakarta, 17 November 2012.

10)  Narasumber Seminar Pembahasan Hasil Studi Kasus-kasus Lektur dan Khazanah Keagamaan Judul Buku 40 Masalah Syi’ah, oleh Puslitbang Lektur dan Khazanah Agama Badan Litbang Kemenag RI, di Hotel Milllenium, 17 Desember 2012.

11)  Narasumber Konferensi Internasional Tahfiz Al-Qur’an ke-3, oleh Hai’ah ‘Alamiyah li Tahfiz Al-Qur’an di Ponpes Darul Qur’an Tangerang, 30 September-2 Oktober 2013 dengan makalah “Urgensi Tadabbur Al-Qur’an bagi Para Penghafal Qur’an”.

 

2.    DR. H. Yusri Muh. Arsyad, Lc,MA.

Alamat: Jl. Tinumbu lr.148, no. 51 Layang Makassar

Nomor Kontak: 085343614423

Pendidikan:

S1, S2 dan S3 Universitas Az-Zaetouna, Tunisia

ORGANISASI:

  1. Sekertaris Umum IPNU kec. Bontoala 1990
  2. Wakil Ketua LDI (Lembaga Dakwa Islam) Makassar 1991
  3.  Anggota PMII Jakarta 1993
  4. Anggota PPI Tunisia 1993-2010
  5. Wakil sekertaris Umum NU Makassar sampai sekarang
  6. Anggota  Fatwa MUI,  Makassar dan SUL-SEL sampai sekarang

3. H. Rahmat Abd. Rahman, Lc,MA.

Nomor Kontak: 085299729889

Pendidikan:

S1 Fak. Syariah, Islamic University of Medina, KSA

S2 Konsentrasi Pengkajian Islam, Program Pascasarjana Universitas Muslim  Indonesia, Makassar

S3 Konsentrasi Hukum Islam, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri   Alauddin, Makassar

ORGANISASI:

  1. Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Makassar, periode 2007-2012
  2. Pengurus Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Kota Makassar, periode 2012-2017
  3. Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah, periode 2011-2016
  4. Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sulawesi Selatan
  5. Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Makassar

Riwayat Pekerjaan:

  1. Dosen Luar Biasa Lembaga Dakwah al-Hijrah, Baquio, Philipina (2000)
  2. Dosen Luar Biasa Lembaga Pelatihan Dakwah al-Madinah, Yogyakarta (2000)
  3. Dosen Bantu Universitas Fajar, Makassar (2009)
  4. Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar
  5. Penceramah rutin di Badan Dakwah Islam PT. Pertamina (Persero) Region VII
  6. Khatib iduladha di PT. Freeport Indonesia, Papua (2005)
  7. Dai Ramadhan di PT. PKT Bontang, Kalimantan Timur (2012)
  8. Dai perintis di Kota Sorong, Papua Barat (2011)
  9. Dai perintis di Kota Manokwari, Papua Barat (2012)
  10. Pembina majelis-majelis taklim di Kota Makassar
Iklan
Categories: Uncategorized | Tag: | 5 Komentar

Navigasi pos

5 thoughts on “Di Makassar, Ribuan Orang Menghadiri Bedah Buku Nasional LIDMI “Panduan MUI, Mengenal dan Mewaspadai Penyimpangan Syiah di Indonesia”

  1. Ihsan Ahmadi

    Allahu Akbar…

  2. Tersu Bergerak!.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: