Keutamaan Bangun dan Sholat Subuh

www.fsiriunm.tk. Subuh adalah waktu pagi hari menjelang siang yang sudah diutamakan sebagai awal dari kehidupan hari. Manfaat itu seakan orang belum tau manfaatnya, sehingga hal ini perlu untuk dibahas ulang demi terciptanya suatu kepuasan dalam bangun pagi serta kesehatan yang dialami. Banyak manfaat yang tersimpan dari shoimageslat subuh, dengan manfaat tersebut akan terciptalah suatu kondisi dimana orang akan merasa bahagia dalam menjalani hidupnya, sukses dari segala apa yang diinginkan serta mendapatkan hikmah tersendiri bila menjalankannya.

Sholat subuh memiliki berbagai manfaat dan keutamaan yang sangat luar biasa bagi siapa saja yang melaksanakannya secara rutin setiap hari, meskipun hanya dua rokaat sholat subuh menyimpan berbagai rahasia yang dahsyat, baik segi rohani, kesehatan dan kesuksesan. Dalam hadist riwayat muslim Rosulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : “Dua rokaat Sholat subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya”.
Dari sisi rohani sholat subuh mempunyai berbagai keutamaan diantaranya adalah menyelamatkan dari azab, mendapatkan pahala setara dengan pahala haji dan umrah, terbebaskan dari api neraka, terhindarnya dari kemunafikan, serta mendapatkan perindungan dari Allah SWT.

Rosulullah Shallallahu’alaihi wa salam bersabda : “Berpagi pagilah kalian dalam menunaikan sholat subuh karena itulah pahala yang paling mulia.” (Hadist Riwayat Tirmidzi).

Dari sisi kesehatan sendiri bangun pagi untuk melaksanakan sholat subuh mampu menormalkan kerja syaraf dan otak, apalagi saat pagi kadar Ozon (O3) cukup tinggi yang mampu membantu aktivitas syaraf dan otak kembali membaik dan mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah dan serangan jantung.Di dalam tubuh manusia ada kekuatan yang terus bekerja tanpa kita komando. Apakah kita sedang tersadar atau tidur. Kekuatan yang mengatur gerak usus kita sehingga bisa dikeluarkan menjadi feses setelah menyerap zat-zat bermanfaat untuk tubuh. Kekuatan syaraf otonom mempunyai 2 fungsi yang bekerja secara antagonis, biasa kita sebut sebagai syaraf simpatis dan syaraf parasimpatis.

Kita mempunyai irama tubuh yang biasa disebut irama sirkadian tubuh dimana mulai jam 3 dini terjadi peningkatan adrenalin. Akibatnya tekanan darah manusia juga meningkat. Padahal kita sedang tidur pulas. Biasanya adrenalin kita bekerja saat kita beraktifitas atau dalam keadaan stress. Selain itu terjadi pula penyempitan pembuluh darah otak yang menyebabkan oksigenasi otak berkurang sehingga kita merasa berat kalo bangun pagi dan cenderung mengantuk. Peningkatan adrenalin juga mengaktivasi sistem pembekuan darah dimana sel-sel trombosit berangkulan membentuk suatu trombus. Trombus inilah yang menyebabkan gangguan kardiovaskuler pada manusia. Semuanya adalah kerjaan saraf simpatis.

Hasil penelitian Furchgott dan Ignarro serta Murad tentang suatu zat didalam dinding sel yang dapat melebarkan pembuluh darah menjawab pertanyaan di atas. Zat yang ditemukan itu bernama NO (Nitrit Oksida). Yang luar biasa adalah ternyata Nitrit Oksida ini diproduksi terus menerus selama istirahat termasuk ketika manusia tidur. Zat ini juga mencegah terbentuknya trombus dengan menghambat agregasi/penempelan trombosit. Hasil temuan ini mendapat hadiah NOBEL tahun 1998.

Aktivitas Bangun pagi untuk sholat subuh apa lagi dengan berjalan ke mesjid untuk berjamaah dapat meningkatkan kadar Nitrit oksida dalam pembuluh darah sehingga oksigenasi ke otak juga bertambah akibat melebarnya pembuluh darah otak dan yang pasti trombosit dicegah untuk saling menempel jadinya pembuluh darah tidak bertambah sempit. Aktivitas mengejan yang ditimbulkan pada gerakan rukuk dalam sholat meningkatkan tonus syaraf parasimpatis yang melawan efek dari syaraf simpatis seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Sholat subuh memang bermanfaat sekali bagi kesuksesan dalam kehidupan seseorang, karena saat bagun pagi dipagi hari sampai menjelang fajar pintu rejeki akan dibuka oleh Allah SWT, karena itulah setelah melaksanakan sholat subuh dilarang tidur kembali dan sebaiknya sangat dianjurkan untuk memulai aktivitas berzikir, dan berdoa.

Hikmah dari sholat subuh itu sendiri tertuai dari 1001 hikmah sholat, “Sesungguhnya amal manusia yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah sholatnya”, jika sholatnya baik maka baik pula seluruh amalnya, dan jika sholatnya jelek maka jeleklah seluruh amalnya. Bagaimana mungkin seorang mukmin mengharapkan kembali kebaikan di akhirat bila pada hari kiamat bukunya kosong dari sholat subuh tepat waktu.

“Sesungguhnya sholat yang paling berat bagi orang munafik adalah sholat isya dan sholat subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung didalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya (Berjamaah dimasjid) sekalipun dengan merangkak” [HR Al-Bukhari dan Muslim].

Sholat subuh memang wajib yang paling sedikit rokaatnya, hanya dua rokaat namun sholat subuh menjadi standar keimanan seseorang dan ujian terhadap kejujuran, karena waktunya sangat sempit sampai matahari terbit, serta memiliki hukuman khusus bagi yang meninggalkan sholat subuh. Rosulullah SAW telah menyebutkan hukuman berat bagi yang tidur dan meninggalkan sholat wajib, rata – rata penyebab utama dari seorang muslim meninggalkan sholat subuhnya adalah tidur.

“Setan melilit leher seorang diantara kalian dengan tiga lilitan ketika ia tidur. Dengan setiap lilitan setan membisikkan , “Nikmatilah malam yang panjang ini”. Apabila ia bangun lalu mengingat Allah, maka terlepaslah lilitan itu. Apabila ia berwudhu, lepaslah lilitan yang kedua, kemudian apabila ia sholat maka lepaslah lilitan yang ketiga, sehingga ia menjadi bersemangat. Tetapi kalau tidak dilakukan maka ia akan terbawa lamban dan malas.

“Berikanlah kabar gembira kepada orang – orang yang banyak berjalan dalam kegelapan (waktu isya dan subuh) menuju masjid dengan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat.”[HR. Abu Dawud At-Tarmidzi dan Ibnu Majah]

Allah akan memberikan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat nanntinya kepada mereka yang menjaga sholat subuh berjamaah bagi kaum laki – laki di masjid, cahaya itu ada dimana saja dan tidak mengambilnya ketika melewati Sirath Al-mustaqim, dan akan tetap bersama mereka sampai masuk surga, Insya Allah

“Sholat Berjamaah (Bagi kaum laki – laki) lebih utama daripada sholat salah seorang kamu yang sendirian, berbanding dua puluh tujuh kali lipat. Malaikat penjaga malam dan siang berkumpul pada waktu sholat subuh”. “Kemudian naiklah para malaikat yang menyertaimu pada malam harinya, lalu Robb mereka bertanya kepada mereka , padahal dia lebih mengetahui keadaan mereka, “Bagaimana hamba – hambaku ketika kalian tinggalkan?, Mereka menjawab, “Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sholat dan kami jumpai mereka dalam keadaan sholat juga.”[HR. Al-Bukhari

Sedangkan bagi wanita walaupun sholat di masjid diperbolehkan ,sholat dirumah adalah lebih baik dan lebih banyak pahalanya, yaitu yang mengerjakan sholat subuh pada saat pria sedang sholat dimasjid. Ujuan yang membedakan antara wanita munafik dan wanita mukminah adalah sholat pada permulaan waktu. ” Barang siapa yang menunaikan Sholat subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Sholat subuh menjadikan seluruh umat berada dalam jaminan, penjagaan, dan perlindungan Allah sepanjang harinya. Barang siapa membunuh orang yang menunaikan sholat subuh, Allah akan menutuunya, sehingga ia akan membenamkan mukanya ke dalam neraka” [HR. Muslim, At-Tarmidzi dan Ibnu Majah].

Banyak permasalahan yang bila diurutkan bersumber dari pelaksanaan sholat subuh dan disepelekan. banyak peristiwa petaka yang terjadi pada kaum durhaka terjadi di waktu sholat subuh, yang menandai berakhirnya dominasi jahiliyah dan munculnya cahaya tauhid.

“Sesungguhnya saat jatuhnya adzab kepada mereka ialah diwaktu subuh, bukankah subuh itu sudah dekat?.”(QS Huud : 81).

Rutinitas harian dimulai tergantung pada pelaksanaan sholat subuh, seluruh urusan dunia seiring dengan waktu sholat, bukan waktu sholat yang harus mengikuti urusan dunia.

“Jika kamu menolong (Agama) Allah, maka ia pasti akan menolingmu dan meneguhkan kedudukanmu”. (QS Muhammad : 7). “Sungguh Allah akan menolong orang yang menolong agamanya, sesungguhnya Allah Maha Kuat dan Maha Perkasa”. (QS Al-Hajj : 40).

Dengan menjaga sholat subuh akan menjadikan kehidupan ini berlangsung membaik ketika menjalani sholat subuh dan hikmah dibalik sholat subuh tadi. Sehingga anda memerlukan cara untuk menjaga sholat subuh ini dengan sebaiknya. Jika anda selalu menyertai sholat subuh di pagi hari dari setiap permulaan hari.

sumber : https://www.facebook.com/notes/kesempurnaan-al-quran/48keajaiban-di-balik-perintah-shalat-subuh/147115841994733

http://artikelasli.blogspot.com/2013/12/manfaat-sholat-subuh.html

https://www.facebook.com/notes/kesempurnaan-al-quran/48keajaiban-di-balik-perintah-shalat-subuh/147115841994733

Categories: ARTIKEL, Buletin Dakwah, Dakwah, Dept. Dakwah | Tags: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: